There was an error in this gadget

November 6, 2009

10 Aktor Kungfu Terbaik Sepanjang Zaman

1.Bruce Lee



Bruce Lee terkenal sebagai aktor aksi China yang popular dengan film-film kungfunya. Selain menjadi aktor, Lee juga seorang producer film, yang memproduksi film-film Hongkong, di samping terkenal juga sebagai seorang master kung fu dan penulis buku.

Lelaki yang juga memiliki nama Li Xiao Long ini,menceburi dunia lakonan sejak berusia bawah lima tahun, di mana ayahnya yang juga pelakon opera sering mengajaknya bermain di pangung. Hingga akhirnya pada usia 18 tahun, dia telah membintangi 20 film. Dimana film-film terkenal yang dibintanginya di antaranya WAY OF THE DRAGON, ENTER THE DRAGON, FIST OF FURY, THE GREEN HORNET, dan lain-lain.

Tidak hanya film yang menjadi karya Lee, dia juga aktor yang mempelajari ilmu falsafah dan selama belajar,dia juga seorang penulis buku. Selain itu,dia juga menciptak sebuah seni bela diri yang diberi nama Jeet Kune Do, yang dibukukan dari ilmu bela diri, fizik dan ajaran tao yang selama ini dipelajarinya.

2.Sammo Hung



Sammo Hung adalah seorang aktor, producer dan sutradara film aksi Hong Kong yang cukup terkenal dalam bidang seni bela diri Cina dan dunia lakonan di Hong Kong. Ia pernah menjadi koreografi pertarungan untuk beberapa orang terkenal, seperti, Bruce Lee, Jackie Chan, King Hu, Stephen Chow dan John Woo.

Hung adalah tokoh yang sangat penting yang membawa gelombang perubahan baru di Hong Kong di tahun 1980an, membantu perkembangan seni bela diri dan memperkenalkan gaya Jiang Shi (mayat penghisap darah).

Hung juga dikenal sebagai "Dai Goh", sehingga pembikinan film Project A, yang menampilkan kedua aktor terkenal tersebut. Oleh kerana Hung adalah yang tertua diantara mereka, kung fu "brothers", dan yang pertama kali terkenal di dunia lakonan, maka ia mendapatkan nama julukan baru, "Dai Goh Dai", yang ertinya Abang Tertua atau Abang yang Tertua

3.Jackie Chan


Jackie Chan adalah aktor, sutradara, stuntman dan penyanyi yang terkenal dengan kebiasaannya yang tidak pernah menggunakan pengganti dalam adegan-adegan berbahaya dalam film-filmnya,selain seni kungfu dan bela diri yang digunakan dalam adegan-adegannya. Dan salah satu film yang membuatnya terkenal adalah Trilogi Police Story.

Jackie selalunya beradegan kung fu hampir kesuluruhan film-filmnya,tetapi berbeza pula dalam film terbarunya SHINJUKU INCIDENT. Dia tidak beradegan kung fu dan juga tidak berperanan sebagai sutradara sebagaimana film-film Jackie terdahulu.

4.Jet Li



Siapa yang tak kenal master Wong Fei Hung? Seorang tabib china yang juga jaguh kungfu. Kisah Wong Fei Hung diangkat ke layar lakonan melalui Once Upon a Time in China. Dan saat itu Jet Li lah yang berperan sebagai legenda bangsa China itu. Peranan Jet Li sebagai master Wong benar-benar begitu hidup wataknya.

Jet Li adalah salah seorang daripada aktor yang tak pernah mendapat pendidikan formal dalam bidang lakonan. Dilahirkan dengan nama Li Lian Jie pada tanggal 26 April 1963 di Beijing, Jet Li memulakan kariernya di dunia film dari Wushu.

Jet Li mulai mempelajari ilmu bela diri ini sejak dia berumur 8 tahun. Begitu banyak medal yang diperolehi oleh atlet wushu ini.

Sejak film-film Kung Fu mula meletup di Cina sekitar tahun 80-an, daya tarik dunia film ini membawa Jet Li yang belum juga berusia 20 tahun ketika itu,mencuba nasib dalam dunia film dalam film pertamanya SHAOLIN TEMPLE.

5.Yuen Biao


Yuen Biao memiliki keahlian khusus dalam seni bela diri kungfu dan telah bekerja dalam lebih dari 80 film sebagai aktor, stuntman dan koreografi aksi fight. Bersama-sama dengan "saudaranya" lulusan dari Sekolah Opera Peking, Sammo Hung dan Jackie Chan, dia adalah salah seorang dari anggota Seven Little Fortunes.

Awal tahun 1970an, Yuen mula bekerja sebagai seorang stuntman dan aktor pembantu. Setelah berlakon dalam beberapa film Yuen menjadi seorang stunt untuk Bruce Lee di film Enter the Dragon (1973). Dia juga adalah salah satu "tiruan" dari Bruce Lee dalam film Game of Death (1978), melakukan berbagai macam gerakan akrobatik dan stunt dimana Bruce Lee "body double" tidak dapat melakukannya. Yuen tetap bekerja sebagai seorang stuntman, dan juga sebagai aktor di dunia industri perfileman Hong Kong.

Akhir tahun 1970an dan awal-awal tahun 1980an, berkat hubungan baiknya dengan Sammo Hung dan Jackie Chan, dia mulai bekerja secara rutin sebagai aktor. Selain itu ia juga muncul dalam beberapa watak kecil dalam beberapa film seperti Hung trilogi Lucky Stars.

6.Hwang Jang Lee


Hwang Jang Lee adalah seorang actor fight Hong Kong yang sebenarnya berdarah Korea. Mungkin tidak banyak di antara kita yang mengenalinya bila disebut nama Hwang Jang Lee. Namun bila kita melihat wajahnya maka kita akan segera mengenalinya sebagai Silver Fox (salah satu karakter antagonis yang dilakonkannya) atau Thunderfoot (musuh Jackie Chan dalam Drunken Master).

Hwang Jang Lee memang lebih terkenal sebagai karakter antagonis. Tapi walau demikian, jarang dari kita yang kagum dengan kemahiran bela dirinya itu. Pada zaman itu mungkin dialah yang pertama kali memperagakan dua kali tendangan kaki dalam satu lompatan yang lazim terlihat di zaman sekarang. Dia juga menemui beberapa gerakan akrobatik yang pada ketika itu tidak pernah difikirkan oleh orang lain.

7.Sun Go Kong


Bagi para penggemar Sun Go Kong a.k.a. Kera Sakti mungkin sudah tak asing lagi dengan nama ini. Dia memegang watak sebagai Gu Mo Ong sang siluman kerbau yang mata keranjang. Namun perlu diketahui bahawa Gordon Liu ini adalah aktor bela diri yang sangat sukar dikalahkan. Di eranya dulu gerakan-gerakannya sebagai Buddhist Monk shaolin sangat memukau. Dan mungkin karakter sebagai Buddhist Monk shaolin inilah yang begitu melekat pada film-film Shaw Brothers di tahun 80-an. Gordon terkenal di Hollywood selepas dia membintangi filem Dwilogi Kill Bill.

8.Donnie Yen



Sejak awal lagi dia sudah diakui sebagai ahli silat. Pada usianya yang masih 14 tahun dapat mengalahkan pelatih Tae Kwan Do bertali pinggang hitam. Usia 19 tahun,dia dinobatkan sebagai juara Wu Shu tahunan AS. Sebagai orang perfileman,dia menetap di Hong Kong, Hollywood, sampai 20 tahun lebih barulah dia memiliki hasil karya yang dibanggakan amat bermakna iaitu film Ip Man.

Keunikan seorang Donnie Yen adalah dia tidak pernah putus idea dalam kreativiti kungfunya. Gaya-gaya bela dirinya semakin lama semakin berkembang. Donnie mempelajari aliran lain seperti tarung bebas ala MMA ataupun Jiujitsu. Secara peribadi saya menilai, Donnie layak disebut sebagai pengganti Bruce Lee kerana karakternya yang suka bereksperimen itu. Cuba perhatikan gerakan-gerakan dalam film Sa Po Lang, Flash Point, atau Ip Man, tentu kita akan dihidangkan gaya bertarung yang fresh dalam ketiga film itu. Di zaman aktor yang lain semakin tenggelam, Donnie di usianya mula terkenal.

9.Lo Mang



Lo Mang adalah pelakon fight veteran. Dia banyak berlakon di dalam produksi Shaw Brothers pada akhir 70-an hingga awal 90an. Lo Mang merupakan orang yang paling terkenal dari Venom Club sebagai Venom Mob.

Filmnya yang paling terkenal adah Five Deadly Venoms dan Kid with The Golden Arm. Lo Mang adalah artis bela diri yang expert dan merupakan pelatih Tai Che Tuan. Sekarang dia masih aktif dalam industri TV di Hong Kong. Kadang-kadang dia juga terlibat dalam film sebagai aktor yang memiliki aksi komedi. Selain itu Lo Mang juga aktif sebagai koreografi fight dalam beberapa produksi.

10.Leung Kar Yan



Leung Kar Yan merupakan actor dan sutradara film aksi Hong Kong. Uniknya sama sekali tidak pernah mempelajari kungfu secara formal. Leung Kar Yan mempelajari kungfunya dengan belajar sendirian. Cukup dengan melihat orang lain beraksi, dia sudah dapat menirunya dengan sempurna.

Mulanya dia hanya sering menjadi cameraman sahaja. Setelah tahun 1978 saat berlakon dalam film yang disutradarai oleh Sammo Hung dia mulai diperkenalkan. Lakonannya dalam filem Warriors Two (1978) sebagai Mr. Tsang (Master Wing Chung di dunia nyata) dianggap sebagai penampilan terbaiknya.


Share Ke Facebook Anda :

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...